Tuesday, July 24, 2007

Penambahan pipa pembuang lumpur sepanjang 200 meter di Kali Porong

24 Juli 2007. Penanggulangan luapan lumpur seringkali dinilai kurang maksimal. Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo hari ini menambah lagi sejumlah pipa pembuang lumpur ke kali Porong di Areal Spillway. Pemasangan pipa baru sepanjang 200 meter ini sudah dilakukan kemarin malam.

Penambahan pipa ini bertujuan untuk memaksimalkan pengaliran Lumpur ke Kali Porong, yang sebelumnya disedot oleh mesin Spillway dari Kolam penampung Lumpur atau pond Jatirejo.

Meski sebenarnya, sejumlah pipa pembuang Lumpur yang ada sudah cukup banyak, namun sampai hari ini hanya dua pipa yang dapat mengalirkan Lumpur. Hal ini disebabkan juga oleh mesin Spillway yang tidak dapat beroperasi seluruhnya.

Dari sepuluh mesin yang pernah didatangkan TimNas maupun BPLS, hari ini hanya lima mesin yang berfungsi. Itupun harus dengan mengalirkan air dengan volume yang cukup banyak ke kolam lumpur agar mudah disedot.

Sementara itu, kondisi Sungai Porong hingga saat ini terjadi pengendapan sepanjang lebih 1 meter. hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan baru bagi kota Sidoarjo.

1 comment:

Anonymous said...

Great work.